Recent News

Minggu, 25 Desember 2011

Bani Umayah



oleh Kahfi Dirga Cahya, 1106084280

Daulah Bani Umayah yang ibukota pemerintahannya di Damaskus berlangsung selama 91 tahun diperintah oleh 14 orang khalifah. Bani Umayah didirikan oleh Muawiyah Bin Abu Sufian pada tahun 661 M. Beliau keturunan dari Bani Umayah, mantan Gubernur Syam dan seorang pemimpin yang pintar dan mempunyai pikiran yang tajam. Kerajaan Bani Umayah dibagi menjadi 3 tahap yaitu tahap kelahiran (661-705 M), zaman kemajuan dan pembangunan (705-724 M) dan zaman kehancuran (724-750 M). Pada zaman ini, masyarakat Islam tediri dari golongan pemerintah, kaum Mawali, golongan Zimmi dan golongan hamba.
Golongan Pemerintah
Golongan pemerintah didasari oleh keluarga dari Bani Umayah. Kerajaan ini diperintah oleh dua keluarga besar yaitu keluarga Abu Sufian (23 tahun) dan keluarga Marwan (68 tahun). Terdapat 3 orang Khalifah dari keluarga Abu Sufian iaitu Muawiyah Bin Abu Sufian (661-680), Yazid Bin Muawiyah (680-683) dan Muawiyah Bin Yazid (683). Bagi keluarga Marwan, terdapat 11 orang Khalifah dimana kumpulan pertama dimulakan oleh Marwan I Bin al-Hakam (684-685) dan diakhiri oleh Hisham Bin Abdul Malik (724-743).
         Semasa keluarga Abu Sufian, masyarakat Islam aman dan stabil. Ketika keluarga Marwan mengambil alih pemerintahan, negara Islam tidak stabil dan berantakan. Keadaan ini diselamatkan oleh Abdul Malik Bin Marwan. Dengan itu, Kerajaan Bani Umayah mulai mengalami zaman keemasan. Sebagian besar corak kehidupan Khalifah Kerajaan Bani Umayah terikut dengan gaya pemerintahan Kerajaan Byzantine dengan dikelilingi kemewahan dan hiburan. Gerakan penentang yang terkenal saat itu ialah gerakan Azariqah dan Najdiyah.
Golongan Mawalli
Terdapat dua pandangan bagi golongan Mawalli. Pandangan pertama berorientasi negatif.
Pandangan ini di dukung oleh J. Wellhausen, Goldziher dan Belyaev. Mereka berpendapat bahwa Mawali tidak mempunyai tempat dalam pemerintahan. Ini disebabkan pemerintahan Bani Umayah berlandaskan semangat Asabiyah keturunan Arab. Oleh karena itu, orang Arab diberikan tanggung jawab dalam semua masalah, sedangkan kaum Mawali tidak dapat memegang jabatan penting dan tidak bebas bergerak. Dari segi Agama, kaum Mawali tidak diizinkan solat bersama-sama kaum Arab, sehingga beberapa buah masjid dibuat khusus untuk Mawali.
            Pandangan kedua berorientasi positif. Dari segi pemerintahan, mereka dianggap memiliki peran penting. Dari segi ekonomi, mereka hidup kaya raya seperti Fairuz Husayn. Hal ini membuktikan bahwa tidak semua kaum Mawali hidup dalam kemiskinan.
Faktor Keemasan Kerajaan Bani Umayah
            Faktor keemasan kerajaan Bani Umayah yaitu, pertama kepintaran dan kebijaksanaan khalifah, penguasaan ilmu pengetahuan., ekonomi yang stabil, ‪hubungan baik antara kerajaan dan rakyat, dan semangat jihad yang tinggi.
Peradaban Islam Pada Masa Bani Umayah
            Pada zaman Bani Umayah, organisasi militer dibagi menjadi 3 angkatan, yaitu angkatan darat, angkatan laut dan angkatan kepolisian. Sedangkan, Arsitektur di wilayah bani umayah bias dikatakan maju pesat. Hal ini bisa dilihat dari bangunan – bangunan artistik serta masjid – masjid di wilayah kota. Sedangkan pada masa Walid, dibangun sebuah masjid agung yang terkenal dengan sebutan masjid Damaskus. Kemudian, setelah Bani Umayah berhasil menaklukan berbagai wilayah, jalur perdagangan semakin lancar.
Gerakan Penentang Bani Umayah
·        Gerakan Azariqah : Gerakan ini dipimpin oleh Azraq Bin Nafi
·        Gerakan Najaiyah : Gerakan ini diasaskan oleh Najdah Bin Amir al-Hanafi
·        Kaum Syiah           :  Penentangan bermula sejak zaman Muawiyah Bin Abu Sufian. Pembunuhan Husein di Karbala menaikkan semangat mereka untuk menentang Muawiyah.
Faktor Kejatuhan Kerajaan Bani Umayah
Faktor kejatuhan kerajaan bani umayah karena sikap pemerintahannya mengabaikan ajaran islam, hidup mewah dan mencukupi membuat pemerintah lupa dengan tugas dn tanggung jawab kepada Negara khususnya rakyat, dan rakyat tidak suka dengan corak pemerintahan khalifah yang berat sebelah dan berpaling mendukung gerakan abbasiyah.

0 comments:

Posting Komentar

Open Panel

Label

Blogroll

Labels