Recent News

Minggu, 25 Desember 2011

Diskusi Kebudayaan



oleh Kahfi Dirga Cahya, 1106084280
            Kebudayaan pada dasarnya memiliki nilai dasar keberagaman. Hal ini dikarenakan, kebudayaan sendiri memiliki banyak keberagaman dalam pemahamannya. Menurut Dea, kebudayaan merupakan segala ciptaan manusia yang bersifat ide, gagasan, tingkah laku, sikap, adat istiadat, norma dan lain – lain yang dianut oleh masyarakat itu dan diwariskan secara turun temurun. Artinya, budaya dapat bersifat konkrit ataupun tidak konkrit.
            Sedangkan menurut Arki, kebudayaan lahir dari proses adaptasi terhadap lingkungan, yang menghasilkan ide, diwujudkan dalam perilaku dan terekam dalam material kebudayaan. Hal ini didasari oleh kemampuan individu untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan secara bertahap, dimulai dari penggagasan ide sampai dengan terciptanya suatu bentuk kebudayaan.
            Lain hal dengan Arki, Diki mengungkapkan bahwa kebudayaan adalah suatu identitas dari suatu masyarakat yang mencakup seluruh aspek kehidupan di masyarakat itu sendiri yang memiliki norma – norma, aturan – aturan, yang menjadi kesepakatan bersama sehingga masayarakat itu memiliki pola dan bentuk yang unik satu dengan lainnya. Artinya, kebudayaan merupakan identitas dari tiap masyarakat. Identitas ini mencermikan gambaran dari masyarakat itu sendiri, karena identitas ini didasari oleh norma – norma dan aturan – aturan yang telah disepakati bersama.
            Saya sendiri mendefinisikan kebudayaan sebagai sebuah hasil pembelajaran yang tidak berdasarkan instingtif atau naluri belaka dan memiliki berbagai wujud, sifat dan unsur pendukungnya. Ini dikarenakan kebudayaan memiliki berbagai macam karakteristik di dalamnya. Sehingga kebudayaan tidak dapat terjadi begitu saja, melainkan harus melalui proses pembelajaran.
            Dari beberapa konsep di atas, kebudayaan kami definisikan sebagai segala ciptaan manusia dari hasil proses pembelajaran terhadap lingkungan yang mencakup seluruh aspek kehidupan dalam bentuk materi dan non materi sebagai satu identitas dan diwariskan secara turun temurun.

0 comments:

Posting Komentar

Open Panel

Label

Blogroll

Labels