Recent News

Senin, 16 April 2012

Pidana Alternatif


- 
Nama                    : Kahfi Dirga Cahya

      NPM                     : 1106084280
Mata Kuliah         : Penologi
Jurusan                 : Kriminologi - FISIP UI

Are shaming punishments beautifully retributive? Retributivism and the implications for the alternative sanctions debate [Markel, Dan. Vanderbilt Law Review54. 6 (Nov 2001): 2155-2242.]

Tulisan ini menawarkan kritik dari shaming punishment, dan menantang consensus bahwa             retributif sebagai justifikasi konseptual untuk hukuman, sangatlah cocok untuk shaming punishment. Selain itu, penulis juga memberikan alternatif lain yaitu, penjara swasta. Penulis menganggap hal ini sangatlah menguntungkan karena penjara swasta tidaklah memberikan beban terlalu berat kepada otoritas, melainkan keuntungan lain yang juga berdampak pada narapidana sendiri.

-          Can Shaming Punishments Educate? [Stephen P. Garvey]

Dalam jurnal ini, penulis memberikan sebuah gambaran awal tentang bagaimana sebuah shaming punishment dilakukan. Gambaran ini berbentuk contoh kasus yang pernah terjadi dan berkaitan dengan shaming punishment. Penulis juga memberikan dua model hukuman kreatif yang juga berkaitan dengan shaming punishment yaitu expressive dan justificatory. Kemudian, penulis juga memberikan solusi bahwa shaming punishment layak untuk dipakai, oleh karena itu perlu pembelajaran kepada khalayak luas tentang bagaimana shaming punishment ini.


-          Shaming White Collar Offenders [Dan M. Kahan]

Penulis memberikan gambaran lain tentang hukuman bagi terpidana korupsi. Lain hal dengan pemerintah Cina yang memutuskan untuk menghukum mati terpidana korupsi maka, dalam jurnal ini penulis menawarkan shaming punishment bagi white collar offenders. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan efek jera bagi pelaku kejahatan kerah putih. Karena pada dasarnya shaming punishment akan memberikan efek yang sangat berat kepada pelaku karena posisi mereka dimasyarakat sangat berpengaruh.

-          The expanding prison: the crisis in crime & punishment & the search for alternatives [Cayley, David; Marquis, Greg. Journal of Canadian Studies36. 1 (Spring 2001): 166-179]

Meluasnya penjara mengakibatkan tingginya kriminalitas yang di alami pada suatu negara. Hal ini dialami oleh Kanada. Namun, dengan meluasnya penjara tidak berarti menjamin kesejahteraan bagi para narapidana. Dalam hal ini, Kanada gagal memberikan satu bentuk pidana yang ‘maksimal’ bagi narapidana. Namun, dengan berangsurnya kehidupan hukum di Kanada maka, berdampak juga pada tindak pidana di Kanada. Kanada lebih memilih untuk memperdayagunakan narapidana untuk satu bentuk kegiatan lain yang menghasilkan keuntungan bagi otoritas setempat.

-          Serbian official suggests alternative punishment to resolve prison overcrowding [Anonymous. BBC Monitoring European [London] 18 June 2010. ]

Sebuah cara yang sebenarnya klasik untuk memperbaiki keadaan penjara, yaitu membangun penjara lainnya. Hal ini diterapkan oleh pemerintah Serbia. Pemerintah Serbia menganggap dengan membangun penjara lagi, mereka akan dapat memperbaiki kondisi penjara dana narapidana. Selain itu, mereka juga punya alternatif lain yang masih di kerjakan bersama untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


Source :

0 comments:

Posting Komentar

Open Panel

Label

Blogroll

Labels